Dan Perbedaan

4 Perbedaan Massa dan Berat Lengkap dengan Tabel dan Penjelasan

Di mata pelajaran fisika, kami menemukan banyak siswa dan siswi yang menganggap bahwa massa dan berat adalah dua besaran yang sama. Anggapan ini sebetulnya merupakan sebuah kekeliruan besar. Massa dan berat adalah besaran yang menyatakan sesuatu yang berbeda. Perbedaan massa dan berat terletak pada beberapa hal. Apa saja hal yang membedakannya tersebut? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pemaparan berikut ini.

Perbedaan Massa dan Berat

Kesalahan anggapan yang dimiliki masyarakat terhadap kesamaan prinsip antara massa dan berat terjadi karena kebiasaan kita yang sering menyatakan berat dalam satuan kg. Sementara itu, penggunaan istilah massa sangat jarang ditemukan kecuali di bangku pendidikan. Padahal menyatakan berat dalam satuan kg, gram, ons dan lain sebagainya adaah suatu kesalahan. Satuan-satuan tersebut seharusnya digunakan untuk besaran massa, sementara satuan berat yang paling tepat adalah N atau Newton.

Perbedaan Massa dan Berat

Selain berbeda dalam hal satuan yang digunakan, perbedaan massa dan berat juga terdapat pada beberapa hal. Berikut ini adalah tabel perbedaan antara massa dan berat yang secara singkat.
Perbedaan Massa Berat
Pengertian Ukuran kelembaman dari suatu benda Gaya yang bekerja pada suatu benda
Berdasarkan arah Besaran skalar Besaran vektor
Berdasarkan satuan Besaran pokok Besaran turunan
Pengaruh gaya gravitasi Tidak dipengaruhi Dipengaruhi
Alat ukur Neraca Neraca pegas

1. Perbedaan Pengertian

Dari pengertiannya saja, perbedaan massa dan berat sudah jelas berbeda. Massa adalah ukuran kelembaman dari suatu benda, sementara berat adalah gaya yang bekerja pada benda tersebut. Kelembaman adalah kecenderungan benda untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya.

2. Perbedaan Jenis Besaran

Berdasarkan satuannya, massa dan berat juga merupakan dua besaran yang berbeda. Seperti halnya panjang, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat, massa termasuk besaran primer yang memiliki satuan yang telah ditetapkan lebih dulu, sementara berat termasuk besaran turunan dari 2 atau lebih besaran pokok. Adapun berdasarkan pengaruh benda terhadap arah suatu titik, massa juga termasuk besaran skalar, sementara berat termasuk besaran vektor yang ukurannya sangat dipengaruhi arah.

3. Pengaruh Gaya Gravitasi

Perbedaan massa dan berat juga terletak pada ada tidaknya pengaruh gaya gravitasi terhadap ukurannya masing-masing. Besar massa tidak akan dipengaruhi gaya gravitasi di suatu tempat, sementara besarnya berat sebaliknya, yakni dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Sebagai perumpamaan, seorang astronot ketika berada di permukaan bumi, ia akan memiliki massa sebesar 100 kg dengan berat sekitar 980 N. Berat astronot di permukaan bumi diperoleh dari hasil kali antara massa (100 kg) dengan gaya gravitasi (9,8 N/kg). Massa astronot akan tetap sama ketika ia berada dipermukaan bulan, akan tetapi beratnya berubah menjadi 162,2 N karena pengaruh gaya gravitasi bulan yang besarnya hanya 16,2 N/kg.

4. Perbedaan Alat Ukur

Karena besarnya massa tidak dipengaruhi gaya gravitasi, sementara besarnya berat sebaliknya, maka untuk mengukur keduanya juga dibutuhkan alat yang berbeda. Massa umumnya diukur menggunakan neraca, sementara berat diukur menggunakan neraca pegas. Gambar neraca dan neraca pegas dapat dilihat di bawah ini.

Perbedaan Massa dan Berat

Nah, demikianlah penjelasan tentang beberapa perbedaan massa dan berat. Semoga dengan penjelasan singkat tersebut, kita tidak lagi salah persepsi dalam mengartikan kedua besaran ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Perbedaan Massa dan Berat Lengkap dengan Tabel dan Penjelasan"