Dan Perbedaan

10 Perbedaan BPUPKI dan PPKI dalam Tabel dan Penjelasan

Selama persiapan kemerdekaan Indonesia, ada 2 badan yang terbentuk dan berfungsi mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan bagi tata kelola negara Indonesia yang baru lahir. Kedua badan tersebut adalah BPUPKI dan PPKI.

Perbedaan BPUPKI dan PPKI

BPUPKI adalah akronim dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, sebuah badan yang dibentuk Jepang untuk mempersiapkan hal-hal penting yang menyangkut tata kelola negara Indonesia yang akan terbentuk, sementara PPKI adalah akronim dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, sebuah badan yang melanjutkan hasil kerja BPUPKI dan mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia setelah BPUPKI dibubarkan.

Perbedaan BPUPKI dan PPKI

Banyak yang menganggap bahwa BPUPKI dan PPKI adalah dua badan yang sama. Akan tetapi bila dilihat dari beberapa aspek keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan BPUPKI dan PPKI dapat dilihat dalam tabel berikut ini.
Perbedaan BPUPKI PPKI
Kepanjangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Istilah dalam Bahasa Jepang Dokuritsu Junbi Cosakai Dokuritsu Junbi Inkai
Tanggal dibentuk 1 Maret 1945 7 Agustus 1945
Alasan dibentuk Merencanakan persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia Realisasi dari janji kemerdekaan Indonesia sebab Jepang telah menentukan akan memberikan kemerdekan bagi bangsa Indonesia
Alasan sebenarnya Jepang menyadari kondisinya sudah kritis setelah kota Saipan dibom Sekutu Jepang sudah tidak dapat berbuat banyak hal setelah kota Nagasaki dan Nagasaki dibom Sekutu
Keanggotaan 67 orang : 60 tokoh utama pergerakan nasional Indonesia dan 7 orang Jepang 21 orang yang seluruhnya adalah tokoh utama pergerakan nasional Indonesia
Ketua Dr. (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat Ir. Soekarno
Tugas utama Mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata kelola pemerintahan Indonesia yang merdeka Melanjutkan kerja BPUPKI dan mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari Jepang ke bangsa Indonesia
Hasil yang dicapai Menyusun rancangan Undang-undang Dasar 1945 Meresmikan dan mensyahkan Undang-undang Dasar 1945
Keterlibatan Jepang Jepang terlibat dalam keanggotaannya Jepang tidak terlibat dalam keanggotaannya

1. Tanggal Dibentuknya

Perbedaan BPUPKI dan PPKI utamanya dapat dilihat dari tanggal dibentuknya. BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945, tepat ketika Jepang mulai menyadari bahwa kondisinya sudah terpojok dan semakin kritis setelah sekutu membom kota Saipan. Sementara PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945, tepat setelah kota Hirosima dan Nagasaki sebagai kota pusat perekonomian Jepang dibom sekutu.

2. Alasan Dibentuk

Ketika kondisi Jepang semakin terpuruk setelah kalah beberapa kali dalam perang dengan Sekutu, Jepang kemudian menjanjikan kemerdekaan pada negara yang dijajahnya, termasuk Indonesia.

Indonesia sendiri, dijanjikan akan mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 14 Agustus 1945, sebagai wujud janjinya itu, Jepang kemudian membentuk BPUPKI sebagai badan yang berfungsi mempersiapkan tata pemerintahan Indonesia yang merdeka, kelak.  Adapun PPKI dibentuk setelah BPUPKI dibubarkan. PPKI didirikan sebagai realisasi atas janji Kemerdekaan Indonesia yang semakin dekat.
Perbedaan Candi Hindu dan Budha

3. Perbedaan Tugas dan Hasil Kerja

Perbedaan BPUPKI dan PPKI juga bisa dilihat dari tugas dan hasil kerja keduanya.

Tugas utama BPUPKI adalah mempersiapkan segala hal yang terkait tata pemerintahan Indonesia yang merdeka, sementara tugas utama PPKI adalah melanjutkan kerja BPUPKI serta mempersiapkan pemindahan kekuasaan atas Indonesia dari pihak Jepang ke bangsa Indonesia.

Hasil kerja BPUPKI berupa rancangan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, sementara hasil kerja PPKI adalah mensyahkan atau meresmikan Undang-Undang Dasar yang telah dibuat BPUPKI.

4. Keanggotaan dan Keterlibatan Jepang

BPUPKI memiliki 67 anggota, 60 di antaranya adalah tokoh utama pergerakan nasional sementara 7 lainnya adalah orang Jepang. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat, sedangkan PPKI memiliki 21 anggota yang semuanya adalah tokoh pergerakan nasional dengan ketuanya yaitu Ir. Soekarno.

Nah, itulah beberapa perbedaan BPUPKI dan PPKI. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tak lagi bingung dan menganggap keduanya sama. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Perbedaan BPUPKI dan PPKI dalam Tabel dan Penjelasan"