Dan Perbedaan

5 Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil dalam Tabel dan Penjelasan

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Dalam artikel tersebut, kita ketahui bahwa salah satu perbedaan keduanya terletak pada sistem bagi keuntungan. Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil, sementara bank konvensional menerapkan sistem bunga. Lalu, bagaimana sebetulnya mekanisme bagi keuntungan dalam sistem bunga dan bagi hasil itu? Apa perbedaan bunga dan bagi hasil? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut!

Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil

Bunga adalah imbalan atas jasa pinjaman uang yang besarnya merupakan persentase pokok utang dalam suatu periode tertentu. Sementara bagi hasil adalah suatu skema pembiayaan alternatif yang karakteristiknya sangat berbeda dibanding sistem bunga. Sesuai namanya, bagi hasil merupakan skema pembagian berdasarkan rasio tertentu atas keuntungan (hasil) usaha yang dibiayai oleh kredit atau pembiayaan.

Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil

Dari pengertian di atas, kita sudah menemukan beberapa karakteristik perbedaan bunga dan bagi hasil. Perbedaan tersebut misalnya terletak pada penentuan besaran, acuan pembagian, besarnya keuntungan, jumlah pembayaran, serta eksistensi antara keduanya. Secara sederhana, perbedaan bunga dan bagi hasil disajikan seperti pada tabel berikut ini.
Perbedaan Bunga Bagi Hasil
Penentuan Berdasarkan persentase yang disepakati saat akad Berdasarkan rasio atau perbandingan yang disepakati saat akad
Besarnya persentase Berdasarkan jumlah uang (modal) yang dipinjamkan untuk usaha Berdasarkan jumlah keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dibiayai
Pembayaran Tanpa pertimbangan untung atau rugi apakah usaha yang dijalankan pihak nasabah Menggunakan pertimbangan besarnya keuntungan usaha yang dijalankan
Jumlah pembayaran Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat meski keuntungan usaha berlipat Jumlah pembayaran bagi hasil meningkat sesuai dengan peningkatan pendapatan usaha
Eksistensi Diragukan dan dikecam beberapa kalangan Diakui semua kalangan

1. Perbedaan Penentuan Besaran

Perbedaan bunga dan bagi hasil yang paling mudah dilihat terletap pada proses penentuan besaran keduanya. Bunga ditentukan dalam bentuk persentase terhadap besaran kredit atau utang, sementara bagi hasil ditentukan dalam bentuk rasio (perbandingan) terhadap keuntungan dari usaha yang dibiayai dari kredit atau utang tersebut.

2. Perbedaan Acuan Pembagian

Acuan yang menjadi dasar perhitungan bunga dan bagi hasil juga berbeda. Besarnya bunga dipengaruhi oleh acuan seberapa besar pokok hutang atau kredit yang dikeluarkan, sementara besarnya rasio bagi hasil dipengaruhi oleh acuan seberapa besar keuntungan dari hasil usaha yang dibiayai oleh hutang atau kredit tersebut.
Perbedaan Bank Umum dan BPR

3 dan 4. Perbedaan Besarnya Pendapatan dan Jumlah Pembayaran

Perbedaan bunga dan bagi hasil juga terletak pada besarnya pendapatan yang diperoleh dari keduanya. Pada sistem bunga, pendapatan yang diperoleh akan bersifat statis, artinya meski usaha yang dibiayai merugi, utang tetap memiliki bunga yang tetap. Sementara pada sistem bagi hasil, pendapatan yang diperoleh akan bersifat dinamis atau bisa berubah-ubah, artinya jika usaha yang dibiayai memperoleh keuntungan kecil, maka besarnya pendapatan bagi hasil akan kecil, begitupun jika usaha yang dibiayainya memperoleh keuntungan yang lebih besar, maka besarnya pendapatan bagi hasil pun akan semakin besar.

Oleh karena besarnya pendapatan bagi hasil yang bersifat dinamin, maka debitur biasanya hanya akan membiayai usaha dengan keuntungan yang besar menjanjikan.

5. Perbedaan Eksistensi

Berdasarkan eksistensinya, perbedaan bunga dan bagi hasil juga sangat tampak. Eksistensi bunga sangat diragukan, bahkan hingga dikecam oleh beberapa kalangan, terutama oleh kalangan Islam, sementara pada sistem bagi hasil tidak ada yang meragukan eksistensi keabsahannya.

Nah, itulah beberapa perbedaan bunga dan bagi hasil ditinjau dari beberapa indikator. Hingga kini, banyak yang menganggap bunga dan bagi hasil adalah dua sistem imbalan utang yang sama, namun setelah Anda membaca artikel ini, kami harapkan Anda tidak lagi memiliki pemikiran yang demikian. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil dalam Tabel dan Penjelasan"