Dan Perbedaan

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia dalam Tabel dan Gambar

Dewasa ini, hobi memelihara kucing semakin marak dan kian digemari masyarakat Indonesia. Berbagai jenis kucing impor dan lokal dikembangbiakan dan dikawinsilangkan untuk memperoleh jenis kucing baru yang berdaya tarik tinggi dengan sifat-sifat unggul. Salah dua jenis kucing impor yang semakin nge-trend di kalangan pehobi kucing tanah air  misalnya kucing anggora dan kucing persia.

Banyak orang yang menganggap bahwa kucing anggora dan kucing persia adalah dua spesies kucing yang sama. Anggapan ini muncul karena kedua kucing ini memang memiliki penampilan fisik yang mirip dan hampir sama. Padahal jika dilihat secara lebih jeli, perbedaan keduanya bisa dengan mudah diidentifikasi. Pada artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan kucing anggora dan persia tersebut supaya kita tak salah lagi dalam membedakan keduanya. Silakan disimak!

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan kucing anggora dan persia salah satunya terletak dari daerah asal muasal mereka. Kucing anggora adalah kucing yang berasal dari Anggora, Turki, sementara kucing persia adalah spesies kucing yang berasal dari Persia atau Iran.

Kucing anggora dan persia memang mirip (mungkin disebabkan karena jarak daerah asal keduanya yang berdekatan). Akan tetapi, keduanya tetap mempunyai perbedaan. Perbedaan kucing anggora dan persia tersebut bisa diidentifikasi secara jelas dengan memperhatikan tabel di bawah ini!
Perbedaan Kucing Anggora Kucing Persia
Hidung Mancung Pesek
Bentuk wajah Segitiga Membulat
Bentuk tubuh Langsing Membulat
Kaki Panjang Pendek
Ekor Mengembang Memanjang
Sifat Aktif Pasif
Bulu Lebat Lebih lebat
Harga Sangat mahal Ada yang mahal, ada yang murah

1. Perbedaan Bentuk Hidung

Perbedaan kucing anggora dan persia yang paling menonjol terletak pada bagian hidungnya. Hidung kucing anggora umumnya lebih mancung, sementara hidung kucing persia cenderung pesek dan membulat. Selain pesek, hidung kucing persia juga memiliki garis atau celah pembatas dengan matanya, sedangkan celah tersebut tidak dimiliki kucing anggora.

2 dan 3. Perbedaan Bentuk Wajah dan Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh wajah dan bentuk tubuh antara kucing anggora dan persia juga berbeda. Dengan rahang yang kuat, bentuk wajah kucing anggora cenderung menyerupai bentuk segitiga, sedangkan wajah kucing persia lebih membulat.

Senada dengan bentuk wajah, perbedaan kucing anggora dan persia medium juga terdapat pada bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh kucing anggora cenderung langsing dan memanjang, sedangkan kucing persia lebih membulat.

4. Perbedaan Kaki

Kaki kucing anggora dan persia juga berbeda. Kucing anggora memiliki kaki yang panjang sebanding dengan tubuhnya yang juga memanjang. Sedangkan kucing persia memiliki kaki yang lebih pendek sebanding dengan tubuhnya yang membulat.
Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon

5 dan 6. Perbedaan Ekor dan Bulu

Perbedaan kucing anggora dan persia juga terletak pada ekornya. Ekor kucing anggora memiliki bulu yang lebat dan bisa mengembang layaknya ekor musang, sementara ekor kucing persia memiliki bulu lebat dengan panjang sama seperti panjang tubuhnya. Selain itu, bulu kucing anggora secara keseluruhan juga lebih lebat dibandingkan kucing persia.

7. Perbedaan Sifat

Secara keseluruhan, perbedaan kucing anggora dan persia dapat diidentifikasi dari sifatnya masing-masing. Kucing anggora cenderung lebih aktif dan lebih cerdas, sedangkan kucing persia lebih pasif dan banyak diam.

8. Perbedaan Harga

Perbedaan yang terakhir antara kedua kucing ini terletak pada harganya. Secara umum, harga kucing anggora cenderung lebih mahal sementara harga kucing persia lebih murah untuk kualitas dan ukuran yang sama. Kendati begitu, perbedaan ini tidak bisa menjadi patokan utama. Karena masalah harga tentu tidak lepas dari selera dan kesukaan pembeli dan penawaran penjual.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan kucing anggora dan persia secara fisik. Semoga dengan memahami ciri dari kedua jenis kucing tersebut Anda tidak lagi salah mengidentifikasi yang mana kucing anggora dan yang mana kucing persia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia dalam Tabel dan Gambar"