Dan Perbedaan

8 Perbedaan Qurban dan Aqiqah yang Wajib Kamu Tahu!

Qurban dan aqiqah adalah dua sunnah rosul yang sama-sama dilakukan dengan cara menyembelih hewan berkaki empat. Kedua sunnah ini sering dianggap sama oleh banyak muslim di tanah air. Padahal sebenarnya ada beberapa perbedaan antara qurban dan aqiqah yang cukup mendasar. Apa sajakah perbedaan qurban dan aqiqah tersebut? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini!

Perbedaan Qurban Dan Aqiqah

Perbedaan Qurban dan Aqiqah

Perbedaan qurban dan aqiqah sedikitnya terdapat pada 8 hal, yaitu mulai dari tujuan pelaksanaan, wujud daging yang diberikan, waktu dan jumlah pelaksanaan, jumlah dan jenis hewan yang disembelih, orang yang berhak atas dagingnya, serta diperbolehkan atau tidaknya penyembelih mendapat upah. Secara sederhana perbedaan-perbedaan tersebut telah kami sajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
Perbedaan Qurban Aqiqah
Tujuan Memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim AS Penebus atas lahirnya bayi
Pemberian daging Diberikan pada fakir miskin Diberikan pada siapa saja
Wujud daging yang diberikan Dalam keadaan mentah Dalam keadaan masak
Waktu pelaksanaan Pada bulan Dzulhijah Hari ke 7 dari kelahiran bayi
Jenis hewan yang disembelih Kambing, sapi, unta, kerbau, dan lain sebagainya Hanya kambing
Jumlah pelaksanaan Bisa setiap tahun Hanya 1 kali seumur hidup
Jumlah hewan 1 ekor atau lebih 1 ekor untuk bayi perempuan dan 2 ekor untuk bayi laki-laki
Upah penyembelih Dilarang mengambil upah menyembelih Diperbolehkan mengambil upah menyembelih

1. Perbedaan Tujuan

Perbedaan qurban dan aqiqah yang pertama terletak pada tujuannya. Tujuan berqurban adalah untuk mengikuti atau memperingati peristiwa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS yang akan mengqurbankan anaknya karena diminta oleh Alloh. Sementara tujuan aqiqah adalah sebagai penebus orang tua terhadap lahirnya seorang bayi mereka.

2. Perbedaan Penerima Daging

Daging qurban hanya diperkenankan untuk dibagikan kepada mereka yang tergolong fakir dan miskin. Sedangkan daging aqiqah boleh dibagikan kepada siapa saja. Akan tetapi, pemberian daging aqiqah pada mereka yang fakir dan miskin adalah lebih utama.

3. Perbedaan Wujud Daging

Daging qurban dibagikan ketika dalam keadaan mentah, sedangkan daging aqiqah dapat dibagikan dalam keadaan telah dimasak.

4. Perbedaan Waktu dan Jumlah Pelaksanaan

Qurban dapat dilakukan pada bulan Djulhijah tepatnya pada tanggal 9, 10, 11, dan 12 Djulhijah. Qurban pun dapat ditunaikan setiap tahun bagi mereka yang memiliki keikhlasan dan kemampuan materi. Sedangkan aqiqah hanya dilakukan sekali seumur hidup, tepatnya pada hari ke 7 setelah bayi lahir.
Perbedaan Haji dan Umroh

5. Perbedaan Jenis Hewan

Saat qurban, hewan yang boleh disembelih adalah semua hewan berkaki empat yang halal dagingnya, seperti sapi, kerbau, kambing, rusa, onta, dan lain sebagainya. Sedangkan hewan yang boleh disembelih saat aqiqah hanyalah kambing.

6. Perbedaan Aturan Jumlah Hewan

Perbedaan qurban dan aqiqah selanjutnya terletak pada aturan jumlah hewan yang disembelih. Pada saat qurban, seseorang dapat menyembelih 1 ekor kambing untuk qurban dirinya sendiri, sedangkan jika yang disembelih adalah hewan besar seperti sapi, unta, atau kerbau, maka qurban dapat diatas namakan oleh 7 orang.

Berbeda dengan qurban, aturan aqiqah adalah satu ekor kambing untuk penebusan bayi perempuan dan 2 ekor kambing untuk penebusan seorang bayi laki-laki.

7. Perbedaan Upah Penyembelihan

Seseorang yang menyembelih hewan qurban tidak diperkenankan meminta upah atas pekerjaannya. Sedangkan penyembelih hewan yang diaqiqah boleh meminta atau menerima upah.

Nah, itulah beberapa perbedaan qurban dan aqiqah yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa semakin memahami apa itu qurban dan apa itu aqiqah. Sudahkah Anda berqurban? Sudahkan Anda di-aqiqah-kan?

0 Response to "8 Perbedaan Qurban dan Aqiqah yang Wajib Kamu Tahu!"