Dan Perbedaan

6 Perbedaan Planet Dan Bintang dalam Ilmu Astronomi

Saat memandang angkasa di malam hari, kita akan melihat beragam benda langit yang bercahaya dengan begitu mempesona. Berjuta-juta benda langit yang kita lihat tersebut, dalam ilmu astronomi, secara umum dapat dibedakan menjadi 2 saja, yaitu planet dan bintang. Planet dan bintang sama-sama memancarkan sinar dan terlihat dari bumi. Akan tetapi sinar antara kedua benda angkasa ini, jika diamati dengan seksama ternyata memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan planet dan bintang ditinjau dari sinar yang dipancarkannya? Simak jawabannya berikut ini!

Perbedaan Planet Dan Bintang

Perbedaan planet dan bintang sebetulnya tidak hanya terletak pada sinar yang dihasilkannya. Perbedaan kedua benda langit ini juga terletak pada gerakan, massa, ukuran, dan beberapa hal lain sebagaimana ditunjukan pada tabel di bawah ini!
Perbedaan Planet Dan Bintang
Perbedaan Planet Bintang
Sumber cahaya Memantulkan cahaya dari sumber lain Berasal dari intinya
Kenampakan cahaya dari permukaan bumi Terang Redup
Kelipan cahaya Tidak berkelip-kelip Berkelip-kelip
Suhu permukaan Panas pada bagian yang terkena cahaya Sangat panas
Massa dan ukuran Lebih ringan dan lebih kecil Lebih berat dan lebih besar
Gerakan Rotasi dan revolusi Rotasi
Siang dan malam Memiliki periode siang dan malam Tidak memiliki periode siang dan malam

1. Perbedaan Sumber Cahaya

Meski sama-sama memancarkan cahaya, planet dan bintang ternyata memiliki sumber cahaya yang berbeda. Cahaya yang dimiliki bintang berasal dari proses pembakaran hidrogen yang terdapat di inti fusinya. Sementara cahaya yang dipancarkan oleh planet berasal dari pantulan cahaya sumber lain. Cahaya planet timbul sebagaimana mekanisme munculnya cahaya bulan.

2. Kenampakan Cahaya dari Permukaan Bumi

Jarak bintang yang lebih jauh dibandingkan jarak planet membuat cahaya yang sampai ke permukaan bumi terbagi ke dalam babak-babak dengan periode berbeda-beda. Hal ini menyebabkan cahaya bintang yang dilihat dari bumi akan tampak lebih redup dan berkelip-kelip. Sementara cahaya planet akan lebih terang dan tidak berkelip karena jarak planet dengan permukaan bumi cenderung lebih dekat. Perbedaan planet dan bintang inilah yang sering dijadikan ciri bagi seorang pengamat dalam menentukan apakah suatu benda langit tergolong ke dalam planet atau bintang.

3. Perbedaan Massa dan Ukuran

Ditinjau dari massa-nya, planet dan bintang juga berbeda. Perbedaan planet dan bintang dari segi massa juga berpengaruh terhadap perbedaan ukuran keduanya. Bintang memiliki massa sekaligus ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan planet. Sebagai gambaran, massa matahari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi jika dibandingkan dengan massa bumi adalah  sekitar 332.946 banding 1.

4. Perbedaan Suhu Permukaan

Karena memiliki sumber cahaya yang berbeda, maka suhu permukaan antara planet dan bintang juga berbeda. Suhu bintang akan sama dan sangat panas di setiap sisinya, sementara suhu permukaan planet berbeda-beda di setiap sisinya. Sisi yang terkena cahaya pantulan akan sangat tinggi, sedangkan sisi yang tidak terkena cahaya akan sangat rendah.

5. Perbedaan Gerakan

Perbedaan planet dan bintang juga dapat kita identifikasi dari gerakannya. Planet melakukan gerak rotasi dan revolusi secara permanen dengan kecepatan tertentu sehingga jika diamati dengan teleskop akan jelas terlihat ia seolah sedang berjalan, sementara bintang hanya melakukan gerak rotasi saja sehingga cenderung terlihat diam meski diamati dengan seksama.
Baca Juga : Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

6. Perbedaan Ada Tidaknya Siang dan Malam

Karena tidak memiliki sumber cahaya sendiri, planet umumnya memiliki periode siang dan malam. Planet bumi misalnya, memiliki periode siang dan malam masing-masing 12 jam, sementara bintang tidak mengenal siang dan malam. Bintang hanya mengenal siang saja karena cahaya ada di setiap sisinya akibat pembakaran fusi yang terjadi sepanjang waktu.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan planet dan bintang yang dapat kami jelaskan. Semoga bisa menambah wawasan astronomi Anda. Semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Perbedaan Planet Dan Bintang dalam Ilmu Astronomi"