Dan Perbedaan

6 Perbedaan Duta dan Konsul dalam Hubungan Internasional

Dalam mengurusi hubungan diplomatik dengan negara lain, pemerintah sebuah negara membutuhkan sebuah lembaga atau seseorang yang ditugasi sebagai utusan atau wakil. Utusan sebuah negara yang berada di negara lain tersebut bisa berupa duta atau konsul. Duta dan konsul mengambil alih peran pemerintah negara yang menunjuknya atas setiap hubungan yang dijalin dengan pemerintah negara lain. Hubungan yang diurusi duta dan konsul bisa berupa hubungan politik maupun hubungan ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya.

Perbedaan Duta dan Konsul

Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas secara mendalam tentang duta dan konsul. Kita hanya akan mengulas tentang perbedaan keduanya. Hal ini karena banyak di antara kita yang masih menganggap bahwa duta dan konsul adalah sama.



Meski sama-sama bertindak sebagai perwakilan suatu negara di negara lain, namun duta dan konsul memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan duta dan konsul dapat dilihat dari beberapa hal, mulai dari tugas yang diurusi, tanggung jawab, pengangkatan, hingga tingkatan keduanya. Secara lengkap, perbedaan keduanya dapat Anda simak pada tabel berikut.
Perbedaan Duta Konsul
Hal yang diurusi Politik dan pemerintahan Ekonomi dan perdagangan
Kedudukan Ibu kota negara Kota-kota pusat perdagangan
Jumlah Satu duta untuk satu negara Boleh lebih dari 1 konsul untuk satu negara
Pengangkatan Letter of creadance (surat kepercayaan) Exequatur (surat pengangkatan)
Tanggung jawab bertanggung jawab pada presiden melalui Menteri Luar Negeri bertanggung jawab pada Menteri Luar Negeri
Tingkatan Duta besar, duta, menteri residen, kuasa usaha, dan atase Konsul jenderal, konsul dan wakil konsul, serta agen konsul

1. Hal yang Diurusi

Perbedaan duta dan konsul yang pertama terletak pada hal yang diurusi keduanya. Duta umumnya hanya mengurusi urusan politik dan pemerintahan, seperti mengadakan perundingan masalah yang dihadapi kedua negara, melindungi warga negaranya yang tinggal di negara tersebut, mengurusi visa dan paspor, dan lain sebagainya. Sementara konsul umumnya hanya mengurusi urusan ekonomi dan perdagangan dan sosial budaya.
Baca Juga : Perbedaan A.M dan P.M

2. Perbedaan Kedudukan dan Jumlah

Duta dan konsul juga berbeda dari segi kedudukan dan jumlahnya. Sebuah kedutaan negara lain umumnya hanya ada satu di suatu negara dengan kedudukannya berada di ibukota negara yang bersangkutan. Sementara konsul bisa berjumlah lebih dari satu dengan kedudukan yang lazimnya berada di kota-kota pusat perdagangan atau kebudayaan.

3. Pengangkatan dan Tanggung Jawab

Duta diangkat melalui surat kepercayaan (surat kepercayaan), sementara konsul di angkat oleh surat pengangkatan (surat pengangkatan). Duta bertanggung jawab langsung pada Presiden selaku pemberi kepercayaan melalui Kementerian Luar Negeri, sementara konsul bertanggung jawab langsung pada Kementerian Luar Negeri. Baik duta maupun konsul, keduanya diangkat oleh presiden sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 pasal.

4. Tingkatan

Perbedaan duta dan konsul juga terdapat dari tingkatan keduanya. Duta terbagi menjadi 5, yaitu duta besar, duta, menteri residen, kuasa usaha, dan atase. Sementara konsul terbagi menjadi 3 tingkatan. Tingkatan-tingkatan duta dan konsul tersebut dapat Anda pahami melalui tabel berikut:
Duta Konsul
  1. Duta besar adalah perwakilan diplomatik yang ditempatkan di negara dengan hubungan yang sangat erat.
  2. Duta adalah perwakilan diplomatik yang ditempatkan di negara yang tidak banyak hubungan timbal balik.
  3. Menteri residen adalah perwakilan diplomatik yang hanya mengurus urusan negara.
  4. Kuasa Usaha adalah perwakilan diplomatik yang diperbantukan kepada menteri luar negeri.
  5. Atase adalah pejabat pembantu duta besar, bisa berupa atase pertahanan atau atase teknis.
  1. Konsul jenderal membawahi beberapa konsul yang umumnya ditempatkan di ibukota negara.
  2. Konsul mengepalai satu kekonsulan yang terkadang diperbantukan ke konsul jenderal.
  3. Wakil konsul diperbantukan kepada konsul atau konsul jenderal.
  4. Agen konsul diangkat konsul jenderal dengan tugas mengurus hal yang bersifat terbatas. Agen konsul umumnya ditugaskan di kota-kota kekonsulan.
Nah, demikianlah beberapa perbedaan duta dan konsul yang dapat kami paparkan. Semoga bisa menambah wawasan kenegaraan Anda. Salam!

0 Response to "6 Perbedaan Duta dan Konsul dalam Hubungan Internasional"