Dan Perbedaan

3 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Harus Anda Tahu!

Baking soda dan baking powder adalah 2 bahan pengembang yang lazim digunakan dalam proses pembuatan roti atau kue. Keduanya sering dianggap sama karena secara fungsi, baik baking soda maupun baking powder memang memiliki kegunaan yang serupa, yaitu untuk membuat adonan kue mengembang sebelum dikukus atau dipanggang.

Namun, tahukah Anda bahwa meski memiliki fungsi yang sama, secara strukur kimia dan spesifikasi, keduanya ternyata punya banyak perbedaan. Apa saja ya perbedaan antara baking soda dan baking powder itu? Untuk mengetahui jawabannya silakan simak ulasan berikut.

Perbedaan Baking Soda dengan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dengan Baking Powder

Bahan pengembang kue memang beragam jenisnya. Ada yang bekerja secara biologis (seperti ragi atau kapang), ada pula yang bekerja secara kimiawi (seperti baking soda dan baking powder). Namun, pada artikel ini kita tidak akan membahas secara mendetail tentang jenis-jenis bahan pengembang kue tersebut. Kita hanya akan membahas tentang baking soda dan baking powder saja, karena kedua bahan inilah yang paling sering kita gunakan sebagai pengembang kue.

Secara kegunaan, baking soda dan baking powder memang sama, yaitu berfungsi sebagai bahan pengembang adonan kue. Akan tetapi jika ditinjau dari beberapa hal, keduanya ternyata berbeda. Perbedaan baking soda dan baking powder tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah.
Perbedaan Baking Soda Baking Powder
Kandungan 100% Natrium Bikarbonat Natrium Bikarbonat, Sodium Asam Pirofosfat, dan bahan pengemulsi
Kegunaan Untuk adonan kue dengan tambahan bahan asam. Untuk adonan kue tanpa tambahan bahan asam.
Hasil Kue Ada rasa pahit Tidak ada rasa pahit

1. Perbedaan Kandungan

Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama dapat kita lihat dari kandungan kimia keduanya. Baking soda merupakan bahan pengembang kue yang mengandung 100% Natrium Bikarbonat (rumus kimia : NaHCO₃; nama dagang : Sodium Bikarbonat) tanpa campuran bahan apapun. Sementara baking powder, selain mengandung Natrium Bikarbonat juga mengandung beberapa bahan tambahan lain seperti Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsi.

Perbedaan kandungan kimia antara baking soda dan baking powder ini kemudian mempengaruhi spesifikasi penggunaan kedua bahan pengembang tersebut terhadap kue yang dihasilkan.
Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

2. Perbedaan Spesifik Kegunaannya

Seperti diketahui bahwa untuk dapat membuat adonan mengembang, Natrium Bikarbonat dari bahan pengembang yang dimasukan ke dalam adonan harus bisa bereaksi dengan senyawa asam untuk menghasilkan gelembung-gelembung udara (karbondioksida).

Jika adonan kue telah ditambahi bahan-bahan mengandung asam (seperti susu, cokelat, yogurt, mentega dan margarin), maka jenis bahan pengembang yang digunakan sebaiknya adalah baking soda. Baking soda hanya mengandung Natrium Bikarbonat saja sehingga tidak dapat bereaksi sendiri jika tidak ada senyawa asam yang terkandung di dalam adonan kue.

Sedangkan jika adonan kue tidak mengandung bahan-bahan asam, maka bahan pengembang yang digunakan sebaiknya adalah baking powder. Hal ini karena selain mengandung Natrium Bikarbonat, baking powder juga mengandung Sodium Pirofosfat yang bersifat asam lemah dan bisa memicu reaksi yang menghasilkan gelembung udara di dalam adonan kue.

3. Perbedaan Hasil Penggunaan

Perbedaan baking soda dan baking powder dalam hal kandungannya juga menghasilkan perbedaan yang signifikan pada kue yang dihasilkan.

Kue yang menggunakan bahan pengembang berupa baking soda umumnya akan terasa lebih pahit, terlebih jika jumlah baking soda yang dimasukan terlalu banyak. Sedangkan kue yang menggunakan bahan pengembang berupa baking powder umumnya tidak akan menghasilkan rasa pahit karena Natrium Bikarbonat akan habis bereaksi dengan Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsinya.

Nah, itulah beberapa perbedaan baking soda dan baking powder yang sebaiknya Anda ketahui sebelum berencana membuat kue untuk keluarga. Semoga setelah tahu perbedaan keduanya, kita tidak salah lagi dalam menentukan bahan pengembang mana yang sebaiknya kita gunakan untuk membuat kue. Bagikan artikel ini ke teman-teman melalui tombol Share Facebook jika dirasa ada manfaatnya. Salam.

0 Response to "3 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Harus Anda Tahu!"