Dan Perbedaan

7 Perbedaan Candi Hindu dan Budha dalam Corak, Ciri, dan Bentuknya

Masa kejayaan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia di masa silam telah meninggalkan beberapa benda dan bangunan bersejarah seperti prasasti dan candi yang hingga kini masih terpelihara. Kita dapat menemukan candi-candi peninggalan Hindu dan Budha tersebut tersebar di seluruh penjuru negeri, terutama di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Berdasarkan struktur bangunannya, candi Hindu dan Budha memiliki banyak perbedaan. Berikut ini kita akan membahas tentang perbedaan candi Hindu dan Budha tersebut!

Perbedaan Candi Hindu dan Budha

Perbedaan Candi Hindu dan Budha

Candi Hindu dan Budha memiliki perbedaan dalam hal fungsi, bentuk, dan strukturnya. Perbedaan candi Hindu dan Budha secara spesifik seperti disajikan pada tabel berikut.
Perbedaan Candi Hindu Candi Budha
Fungsi Makam raja-raja Tempat ibadah
Bagian bangunan dan filosofinya Tiga bagian, yaitu bhurloka, bhurvaloka, dan svarloka Tiga bagian, yaitu kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu
Bentuk puncak Ratna Stupa
Arca Trimurti Arca budha
Bentuk Ramping Tambun
Arah pintu utama Barat Timur
Bahan pembuatan Batu merah Batu andesit

1. Perbedaan Fungsi

Berdasarkan fungsinya di masa silam, candi Hindu dan Budha ternyata memiliki perbedaan kegunaan. Candi Hindu umumnya digunakan sebagai makam dari raja-raja kerajaan Hindu yang berkuasa, sementara candi Budha umumnya digunakan sebagai tempat ibadah. Identifikasi fungsi ini diketahui dari adanya fakta bahwa sering ditemukannya abu hasil sisa pembakaran jenazah yang diperkirakan abu jenazah para raja dalam candi Hindu.

2. Perbedaan Struktur

Perbedaan candi Hindu dan Budha juga akan terlihat dari struktur bangunannya. Bangunan candi Hindu biasanya terdiri dari 3 bagian, yaitu bhurloka, bhurvaloka, dan svarloka. Sementara bangunan candi Budha terdiri dari 3 bagian yang disebut kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu.

Masing-masing bagian candi Hindu dan Budha ini memiliki filosofi yang juga berbeda-beda.
Pada candi Hindu, bhurloka (bagian dasar) melambangkan dunia fana, bhurvaloka (tubuh candi) melambangkan dunia pemurnian, dan svarloka (atap candi) melambangkan dunianya para dewa.

Sementara pada candi Budha, kamadhatu (bagian dasar) melambangkan manusia yang penuh dosa, rupadhatu (bagian tengah) melambangkan kehidupan manusia di dunia yang penuh nafsu, dan arupadhatu (bagian atas candi) melambangkan manusia sudah mencapai nirwana.

3. Perbedaan Bentuk Puncak

Bentuk puncak antara candi Hindu dan Budha secara fisik juga terlihat berbeda. Bentuk puncak candi hindu umumnya meruncing dan disebut Ratna, sementara bentuk puncak pada candi Budha lebih tambun dan disebut stupa.
Perbedaan Syiah dan Sunni

4. Perbedaan Arca

Karena merupakan bukti fisik dari 2 agama yang berbeda, maka keberadaan arca-arca yang menjadi hiasan dalam candi Hindu dan candi Budha juga berbeda. Candi hindu umumnya dihiasi oleh arca-arca trimurti atau 3 dewa utama dalam ajaran Hindu yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa, sementara candi Budha umumnya dihiasi oleh arca-arca Budha.

5. Perbedaan Bentuk

Dari bentuknya, perbedaan candi Hindu dan Budha juga dapat dilihat. Candi Hindu umumnya mempunyai bentuk yang lebih ramping, sementara candi Budha memiliki bentuk yang lebih tambun. Anda bisa membandingkan bentuk candi Prambanan yang merupakan candi Hindu dan bentuk candi Borobudur yang merupakan candi Budha.

6. Perbedaan Arah Pintu Utama

Letak pintu utama antara candi Hindu dan Budha juga berbeda. Pada candi Hindu, pintu utama umumnya terletak di arah barat candi, sementara pada candi Budha, pintu utama biasanya terletak di arah timur candi.

7. Perbedaan Bahan Pembuatan

Perbedaan candi Hindu dan Budha juga bisa dilihat dari bahan bangunan yang digunakan keduanya. Candi hindu umumnya menggunakan bahan berupa batu merah yang tidak dibakar, beberapa di antaranya bahkan ada yang berupa batu bata biasa. Sementara bangunan candi Budha biasanya menggunakan bahan batu andesit yang dipotong sedemikian rupa.

Nah, itulah beberapa perbedaan candi hindu dan budha ditilik dari beberapa kenampakan seperti fungsi, Bagian bangunan dan filosofinya, Bentuk puncak, Arca, Bentuk, Arah pintu utama, dan Bahan. Semoga dapat bermanfaat. Salam.

0 Response to "7 Perbedaan Candi Hindu dan Budha dalam Corak, Ciri, dan Bentuknya"