Dan Perbedaan

5 Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan. Setiap kali kebutuhan terpenuhi secara lengkap, mereka kemudian memiliki keinginan. Kebutuhan dan keinginan timbul dari sumber yang berbeda. Kebutuhan timbul dari fitrah atau kodrat hidup manusia, sementara keinginan muncul dari hawa nafsu.

Untuk dapat mencapai kehidupan yang layak secara ekonomi, kita harus bisa memilah, mana pengeluaran diperuntukan bagi pemenuhan kebutuhan, dan mana pengeluaran diperuntukan bagi pemenuhan pemenuhan keinginan. Untuk dapat memilahnya keduanya berikut ini kami paparkan tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan ditinjau dari beberapa aspek.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Dari pengertiannya saja, perbedaan kebutuhan dan keinginan sebetulnya sudah dapat kita ketahui. Kebutuhan adalah fungsi dasar dari sesuatu yang secara esensial dibutuhkan manusia untuk hidup, misalnya seperi makanan, tempat tinggal, pakaian transportasi, pendidikan, dan kesehatan. Sedangkan keinginan adalah fungsi tambahan yang meski tidak terpenuhi, ia tidak akan mengancam kehidupan seseorang, misalnya makanan yang enak, rumah yang mewah, mobil baru yang mahal, AC, handphone yang canggih, dan lain sebagainya.

Dari pengertian di atas, kita dapat melihat karakteristik apa saja yang sebetulnya menjadi pembeda antara kebutuhan dan keinginan. Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan tersebut kami telah sajikan dalam bentuk tabel berikut.
Perbedaan Barang Jasa
Sifat Objektif Subjektif
Sumber Fitrah Hawa nafsu
Ukuran Fungsi Selera
Hasil Kemanfaatan Kepuasan
Tuntunan Islam Dipenuhi Dibatasi

1. Perbedaan Sifat

Perbedaan kebutuhan dan keinginan yang paling utama dapat dilihat dari sifat keduanya. Kebutuhan bersifat objektif, artinya semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama. Sementara keinginan bersifat subjektif, artinya keinginan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung gaya hidup, pendapatan, dan pola pikir. Semakin tinggi gaya hidup, pendapatan, dan pola pikir seseorang, maka akan semakin banyak pula keinginan orang tersebut.

2. Perbedaan Sumber

Kebutuhan bersumber dari fitrah manusia. Jika tidak dipenuhi, maka kehidupan setiap kita akan terancam. Sementara keinginan bersumber dari hawa nafsu. Seseorang yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsu atas segala keinginannya sering kali akan mengabaikan kebutuhan-kebutuhannya yang paling esensial.
Perbedaan Barang dan Jasa

3. Perbedaan Ukuran

Kebutuhan dinilai dari seberapa besar fungsi dan manfaat yang dapat kita peroleh dari pemenuhannya. Sedangkan keinginan dinilai dari seberapa besar selera, preferensi, atau tingkat kesukaan. Contoh sederhananya adalah ketika kita membeli makanan. Secara kebutuhan, kita sebetulnya hanya membutuhkan makanan yang mengenyangkan, sehat, dan bergizi, sementara secara keinginan, kita akan menginginkan makanan yang enak, mahal, dan sesuai dengan selera kita.

4. Perbedaan Hasil

Karena ukuran antara kebutuhan dan keinginan berbeda, maka hasil yang didapat dari pemenuhan keduanya juga berbeda. Pemenuhan kebutuhan akan menghasilkan kemanfaatan, sedangkan pemenuhan keinginan akan menghasilkan kepuasan. Kemanfaatan dari pemenuhan kebutuhan umumnya akan sangat terbatas, sementara kepuasan dari pemenuhan keinginan sebaliknya, tidak memiliki batasan. Setiap suatu keinginan terpenuhi, secara kodrati maka akan muncul keinginan-keinginan baru dalam setiap diri manusia.

5. Perbedaan dalam Perspektif Islam

Dalam perspektif Islam, perbedaan kebutuhan dan keinginan juga terletak pada bagaimana keduanya dipenuhi. Islam menganjurkan kita berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi semua kebutuhan kita, sementara Islam justru mengajarkan kita untuk dapat membatasi semua keinginan kita.

Nah, itulah 5 perbedaan antara kebutuhan dan keinginan ditinjau dari beberapa kriteria. Semoga dengan mengetahui perbedaan keduanya, kita semakin pandai memilah mana kebutuhan yang harus didahulukan, sebelum dapat memenuhi setiap keinginan. Sehingga keuangan dan kehidupan ekonomi kita bisa seimbang. Semoga menjadi bahan pertimbangan.

0 Response to "5 Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan"