Dan Perbedaan

6 Perbedaan Arteri dan Vena dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan

Pembuluh darah merupakan bagian sistem sirkulasi yang berperan penting bagi proses metabolisme tubuh mahluk hidup. Pembuluh darah mensirkulasikan darah yang berisi energi dan zat penting hasil dari proses respirasi ke seluruh tubuh.

Berdasarkan karakteristiknya pembuluh darah dibedakan menjadi 2, yaitu pembuluh arteri dan pembuluh vena. Apakah pembuluh arteri dan vena itu? Bagaimana mekanisme kerja keduanya? Mengapa perbedaan arteri dan vena penting untuk diketahui? Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan simak artikel berikut ini!

Perbedaan Arteri dan Vena

Perbedaan Arteri dan Vena

Pembuluh arteri (atau yang kerap disebut pembuluh nadi) adalah pembuluh yang menjadi saluran mengalirnya darah dari jantung menuju kapiler dengan letak tersembunyi di bagian dalam tubuh, sedangkan pembuluh vena (atau pembuluh balik) adalah pembuluh yang menjadi saluran mengalirnya darah dari kapiler menuju jantung dengan letaknya yang berada di permukaan tubuh.
Kapiler sendiri merupakan tempat pertukaran oksigen, air, karbondioksida, nutrien, dan zat kimia sampah antara darah dengan jaringan di sekitarnya.
Dari pengertian di atas, kita tentu sudah memiliki gambaran tentang apa saja perbedaan antara pembuluh arteri dan pembuluh vena itu. Secara umum, perbedaan keduanya terletak pada 6 karakteristik. Untuk memudahkan pemahaman Anda, berikut ini kami tampilkan 6 perbedaan arteri dan vena dalam bentuk tabel.
Perbedaan Arteri Vena
Tempat Tersembunyi di dalam jaringan Dekat permukaan tubuh, berwarna agak kebiru-biruan
Dinding pembuluh Tebal, elastis dan kuat Tipis, tidak elastis, dan tidak kuat
Arah aliran Dari jantung Menuju jantung
Denyut Terasa Tidak terasa
Katup Hanya ada satu Di sepanjang pembuluh
Bila terluka Darah memancar Darah menetes

1. Perbedaan Tempat

Salah satu perbedaan pembuluh arteri dan vena yang paling mudah diidentifikasi adalah dari tempatnya. Pembuluh arteri umumnya terletak pada daerah di dalam jaringan daging sehingga tersembunyi dan tidak mudah diidentifikasi. Sementara itu, pembuluh vena terletak di daerah dekat permukaan tubuh (kulit) dicirikan dengan warna kebiru-biruan.

2. Perbedaan Dinding Pembuluh

Pembuluh arteri umumnya memiliki dinding yang kuat, tebal, dan elastis, sementara pembuluh vena mempunyai karakteristik sebaliknya. Dinding pembuluh vena umumnya memiliki struktur yang tipis dan tidak elastis. Untuk mengetahui tebal tipisnya kedua pembuluh darah ini, silakan lihat kulit lengan bagian bawah. Anda akan melihat 2 saluran darah yang masing-masing memiliki struktur yang berbeda.

3. Perbedaan Aliran Darah

Perbedaan arteri dan vena juga terletak pada arah aliran darahnya. Pembuluh arteri mengalirkan darah dari jantung menuju kapiler sehingga umumnya memiliki tekanan aliran yang lebih besar. Sementara, pembuluh darah vena mengalirkan darah dari kapiler menuju jantung, sehingga alirannya lebih kecil.

Perbedaan Arteri dan Vena

4. Perbedaan Denyut

Karena tekanan aliran darah di pembuluh arteri besar, maka ketika kita menekannya, kita akan merasakan adanya denyut. Sementara tekanan aliran darah di pembuluh vena memiliki denyut lemah dan tidak terasa. Selain karena pengaruh besar kecilnya tekanan ada tidaknya denyut juga dipengaruhi oleh perbedaan letak kedua pembuluh darah ini.
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

5. Perbedaan Katup

Perbedaan arteri dan vena juga terletak pada keberadaan katup keduanya. Pembuluh arteri hanya memiliki satu katup yang letaknya berada di dekat jantung. Sementara itu, pembuluh vena memiliki banyak katup yang letaknya berada di sepanjang pembuluh tersebut.

6. Perbedaan Tekanan

Karena tekanannya yang tinggi, maka jika pembuluh arteri terluka dan putus, maka darah akan memancar deras. Sementara jika pembuluh vena terluka atau terputus maka dara hanya akan menetes sedikit demi sedikit.

Nah, itulah beberapa perbedaan arteri dan vena, dua pembuluh darah yang setiap hari mengangkut energi dari sistem pencernaan ke seluruh tubuh untuk metabolisme kita. Sudah cukup jelas bukan?

0 Response to "6 Perbedaan Arteri dan Vena dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan"