Dan Perbedaan

6 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina dari Fisiknya

Salah satu burung liar yang saat ini banyak dipelihara dan dibudayakan para pehobi burung nusantara adalah burung cucak ijo. Burung kecil berwarna hijau ini bisa kita temukan dalam berbagai jenis, ada cucak ijo Banyuwangi, cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatera, cucak ijo mini, dan masih banyak lagi. Secara umum semua jenis burung cucak ijo tersebut memiliki karakteristik dan cirinya masing-masing. Akan tetapi, pada artikel kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut. Di artikel kali ini kita hanya akan mengulas seputar perbedaan cucak ijo jantan dan betina secara umum terutama dari segi fisiknya.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina adalah hal penting yang harus dimiliki oleh pehobi yang akan membeli burung baru. Burung cucak ijo jantan dikenal punya kualitas kicauan yang lebih baik. Hal ini membuat cucak ijo jantan lebih banyak dipilih sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina juga harus diketahui bagi mereka yang pehobi yang akan melakukan persilangan atau perkawinan burung.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Untuk mengetahui perbedaan antara cucak ijo jantan dan cucak ijo betina, secara mudah kita bisa melihat dari bagaimana penampilan fisiknya. Perbedaan keduanya bisa diidentifikasi mulai dari warna lingkar mata, warna paruh, supit urang, kulit kaki, pupil mata, hingga warna bulu di bagian lehernya.

Secara sederhana, kami telah merangkum perbedaan-perbedaan tersebut dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
Perbedaan Cucak Ijo Jantan Cucak Ijo Betina
Warna lingkar mata Kuning pekat dan lebih tegas Warna kuningnya agak memutih dan kusam
Paruh anakan Berwarna cokelat gelap Berwarna putih
Supit urang Keras dengan jarak sisi yang rapat Lembek dengan jarak sisi yang renggang
Kulit kaki sudah menyisik Ada bintik (trotol) hitam Tidak terdapat trotol hitam
Pupil mata Berwarna hitam dan jernih Berwarna coklat
Bagian leher Putih kehijauan Berwarna kuning

1. Perbedaan Lingkar Mata

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang pertama bisa dilihat dari warna lingkar matanya. Lingkar mata pada cucak ijo jantan umumnya lebih kuning dan pekat, sementara kuningnya lingkar mata cucak ijo betina cenderung lebih pudar, memutih, dan terlihat kusam.

2. Perbedaan Warna Paruh

Salah satu cara membedakan cucak ijo jantan dan betina ketika masih anakan bisa kita lihat dari warna paruhnya. Warna paruh cucak ijo jantan umumnya coklat gelap di bagian bawahnya, sementara anakan cucak ijo betina cenderung putih. Perbedaan warna paruh antara kedua jenis kelamin burung ini dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini!

3. Perbedaan Supit Urang

Supit urang adalah tulang yang terdapat pada bagian belakan tubuh burung atau unggas. Dari bagian tubuh ini, perbedaan cucak ijo jantan dan betina juga bisa kita identifikasi. Cucak ijo jantan umumnya memiliki supit urang yang keras dan rapat, sementara cucak ijo betina sebaliknya. Supit urang cucak ijo betina cenderung lembek dan renggang.
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

4. Perbedaan Sisik

Jika sudah menyisik, kulit kaki cucak ijo juga dapat menjadi ciri jenis kelaminnya. Cucak ijo jantan biasanya memiliki sisik kaki dengan bintik-bintik atau trotol hitam, sementara cucak ijo betina pada sisiknya tidak terdapat trotol hitam.

5. Perbedaan Pupil Mata

Nah, jika kita melihat ke bagian dalam mata burung cucak ijo, kita akan menemukan lingkaran gelap pada bola matanya. Lingkar inilah yang disebut dengan pupil. Pupil pada cucak ijo jantan biasanya berwarna hitam jernih, sementara pada betinanya pupil akan terlihat hitam kecoklatan hingga coklat.

6. Perbedaan Bulu Leher

Ciri yang terakhir yang menjadi perbedaan cucak ijo jantan dan betina kita dapat lihat dari warna bulu leher bagian bawahnya. Bulu leher cucak ijo jantan cenderung berwarna putih kehijauan, sementara pada cucak ijo betina buru lehernya cenderung kekuning-kuningan. Untuk mengetahui perbedaan warna bulu pada jenis kelamin cucak ijo, Anda bisa melihatnya pada gambar di atas.

Nah, itulah sekilas pemaparan kami tentang ciri-ciri dan perbedaan cucak ijo jantan dan betina dari fisiknya. Semoga setelah mengetahui ciri dan perbedaan tersebut, Anda tidak akan salah pilih lagi saat membeli cucak ijo baru yang nantinya dipelihara. Semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina dari Fisiknya"