Dan Perbedaan

Perbedaan Cuaca dan Iklim yang Paling Mendasar dalam Tabel

Cuaca dan iklim adalah 2 hal yang berbeda, akan tetapi tak sedikit di antara kita yang menganggap keduanya sama. Perbedaan cuaca dan iklim yang paling mendasar terletak pada 4 aspek. Keempat aspek tersebut yaitu jangka waktu, jangkauan wilayah, klasifikasi, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berikut ini kami telah merangkum keempat aspek tersebut untuk membantu Anda dalam memahami apa itu iklim dan apa itu cuaca.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa saja perbedaan antara iklim dan cuaca, alangkah baiknya bila terlebih dahulu kita mengetahui pengertian iklim dan cuaca.

Tabel Perbedaan Cuaca dan Iklim

Secara umum, iklim diartikan sebagai suatu keadaan atmosfer bumi yang berlangsung dalam jangka waktu lama dan terjadi dalam suatu jangkauan wilayah yang luas. Sedangkan cuaca diartikan sebagai suatu keadaan atmosfer bumi yang berlangsung dalam jangka waktu singkat dan terjadi dalam suatu wilayah yang sempit.

Dari pengertian di atas, kita telah mengetahui 2 perbedaan mendasar antara iklim dan cuaca. Perbedaan tersebut terkait dengan jangka waktu dan jangkauan wilayah yang dipengaruhi keduanya. Secara lebih lengkap sebetulnya ada 4 perbedaan iklim dan cuaca. Bukan hanya terkait 2 hal tersebut, melainkan cuaca dan iklim juga berbeda karena faktor utama yang mempengaruhinya, serta perbedaan klasifikasi antar keduanya. Perbedaan cuaca dan iklim tersebut ditunjukan seperti tabel di bawah ini.
Perbedaan Cuaca Iklim
Jangka Waktu Singkat Cepat
Tingkat Perubahan Cepat (Dinamis) Lambat (Cenderung Statis)
Luas Wilayah Sempit Luas
Faktor yang Mempengaruhi Geografis dan Topografi Suhu dan Kelembaban Udara
Klasifikasi Iklim tropis basah, iklim kering atau setengah kering, iklim dengan variasi suhu, iklim sirkompular, dan iklim kutub (Koeppen dan Geiger) Panas, cerah, berawan, hujan, dingin, dan berangin

1. Perbedaan Jangka Waktu

Seperti telah disebutkan di atas bahwa cuaca dan iklim memiliki perbedaan dalam hal jangka waktu terjadinya. Cuaca terjadi dalam jangka waktu yang singkat. Dalam hitungan jam saja, cuaca di suatu wilayah dapat berubah-ubah secara drastis. Cuaca yang tadinya mendung bisa berubah menjadi hujan deras, panas terik, dan lain sebagainya. Sedangkan iklim hanya dapat berubah dalam jangka waktu yang sangat lama. Indonesia semenjak ribuan tahun yang lalu masih saja tetap memiliki iklim tropis, begitupun dengan korea, jepang, dan negara-negara eropa yang tetap beriklim sub tropis.

2. Perbedaan Jangkauan Wilayah

Perbedaan cuaca dan iklim juga terletak pada jangkauan wilayah yang dipengaruhinya masing-masing. Cuaca terjadi dalam jangkauan wilayah yang sempit. Cuaca hari ini di Lampung dan di Surabaya misalnya, pasti akan berbeda. Inilah yang mendasari kenapa prakiraan cuaca dilakukan berdasarkan provinsi saja.

Adapun iklim terjadi dalam jangkauan wilayah yang sangat luas. Negara-negara di Asia Tenggara misalnya (termasuk Indonesia, Malaysia, Brunei, Filiphina, dan lainnya), mereka mempunyai jenis iklim yang sama, yakni iklim tropis. Oleh karena hal inilah maka perubahan iklim yang terjadi karena efek pemanasan rumah kaca pun tidak serta merta dapat dirasakan oleh semua wilayah dalam satu iklim tersebut.

Perbedaan Iklim dan Cuaca

3. Perbedaan Faktor Utama yang Mempengaruhi

Secara umum, cuaca dan iklim memiliki unsur-unsur yang sama mulai dari suhu dan kelembaban udara, dan lain sebagainya. Akan tetapi, terkait dengan faktor yang mempengaruhi, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang spesifik. Iklim suatu wilayah di bumi umumnya dipengaruhi oleh letak geografis dan topografinya. Sedangkan cuaca dipengaruhi oleh perbedaan suhu dan kelembaban udara antar wilayah.

4. Perbedaan Klasifikasi

Cuaca dan iklim juga berbeda dalam hal klasifikasi. Iklim diklasifikasikan menjadi 5 yaitu iklim tropis basah, iklim kering atau setengah kering, iklim dengan variasi suhu, iklim sirkompular, dan iklim kutub (Koeppen dan Geiger). Sedangkan cuaca diklasifikasikan dengan sebutan panas, cerah, berawan, hujan, dingin, dan berangin.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan cuaca dan iklim yang paling mendasar. Semoga setelah membaca artikel ini kita semua dapat menjelaskan secara sistematis tentang apa itu iklim dan apa itu cuaca dan perbedaan keduanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Cuaca dan Iklim yang Paling Mendasar dalam Tabel"