Dan Perbedaan

6 Perbedaan Anekdot dan Humor yang Harus Kamu Tahu!

Semua orang pasti akan tertawa ketika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu. Sesuatu yang lucu seperti cerita anekdot dan humor misalnya, merupakan stimulan yang bisa membuat seseorang merespon psikologi dan pikirannya untuk meluapkan kesenangannya dengan tertawa.

Anekdot dan humor sendiri sebetulnya adalah 2 hal yang berbeda, meskipun mereka sama-sama bisa menjadi hiburan dan membuat orang tertawa. Pada artikel ini sendiri kita akan membahas tentang apa saja perbedaan antara anekdot dan humor lengkap dengan ciri, struktur, dan contohnya masing-masing khusus untuk kamu yang ingin tahu.

Perbedaan Anekdot dan Humor

Agar lebih mudah memahami apa itu perbedaan anekdot dan humor, ada baiknya bila kita telusuri pengertian dan ciri-ciri dari keduanya.

Perbedaan Anekdot dan Humor Secara umum, anekdot diartikan sebagai suatu cerita singkat yang mengandung hiburan sekaligus sindiran atau kritik sosial terhadap keadaan nyata (fakta), biasanya berisi dialog antar tokoh yang dikemas dalam bahasa yang sopan.
Baca Juga : Perbedaan Pidato, Ceramah, dan Khutbah
Anekdot juga lazimnya memiliki struktur yang baku, yaitu terdiri dari paragraf awal sebagai gambaran (abstraksi), latar belakang terjadinya peristiwa (orientasi), bagian menarik yang bertentangan atau tidak biasa terjadi pada tokoh yang diceritakan (krisis), penyelesaian masalah pada krisis (reaksi), serta bagian akhir cerita (koda).

Untuk memahami struktur baku dari anekdot, silakan pahami contoh anekdot yang telah saya buat berikut ini!
AbstraksiSuatu hari, saat Gusdur menjabat sebagai Presiden RI, beliau terlibat pembicaraan yang serius setelah menghadiri sebuah rapat di Istana Negara dengan para menterinya.
OrientasiPembicaraan itu berkaitan dengan wabah deman berdarah yang kala itu melanda kota Jakarta, Gusdur pun memperbincangkan penyakit mematikan tersebut sebagai topik utama yang dibicarakan.
KrisisMenteri bertanya kepada Gus Dur tentang penyebab wabah demam berdarah dan Gus Dur menjawab bahwa penyebab utamanya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang kendaraan roda tiga beroperasi.
ReaksiMenteri yang bertanya menjadi binggung dibuatnya, lalu ia bertanya lagi maksud Gurdur.
KodaGusdur menjawab bahwa nyamuk hanya takut pada tiga roda, beliau juga berkata bahwa harusnya kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil yang dibatasi bukan becak,bemo dan bajaj yang digunakan rakyat untuk mencari rejeki.
Selanjutnya, humor. Humor adalah cerita lucu yang dapat bersumber dari fakta atau karangan semata yang murni bersifat hiburan yang dikemas dalam bahasa yang kadang bersifat kurang sopan.

Humor juga memiliki struktur yang tidak baku. Terkadang struktur ini digunakan secara penuh, namun sering kali juga ditemukan dalam bentuk yang tidak utuh. Struktur teks humor sendiri terdiri dari bagian perkenalan, permasalahan, klimaks, peleraian, dan penyelesaian masalah.

Berikut ini contoh teks humor yang bisa kamu pahami.
PerkenalanSuatu hari, dirman pembegalan saat sedang dalam perjalanan pulang kerja.
PermasalahanMendengar kabar suaminya kena begal, istri dirman memaki-maki sang suami, "Kamu sungguh-sungguh pengecut! Perampok menjarah dompetmu, mengapa kamu tak berteriak minta tolong?"
KlimaksSuami dengan marah berkata: "Kamu betul-betul goblok! Masak kamu sudah lupa di dalam mulutku masih ada sebuah gigi emas yang besar?
Peleraian-
Penyelesaian masalahIstri Dirman mengangguk seraya berkata dalam hati, "benar juga ya!"
Dari pengertian, ciri-ciri, dan struktur anekdot dan humor yang dijelaskan di atas, dapat kita temukan beberapa perbedaan mendasar antar keduanya. Berikut ini perbedaan anekdot dan humor tersebut yang telah saya rangkum dalam bentuk tabel.
PerbedaanAnekdotHumor
Panjang ceritanyaSingkatFleksibel*
Mengandung sindiranYaTidak
Berisi dialogYaFleksibel*
SumberFaktaFakta atau karangan
Gaya bahasaSopanFleksibel*
StrukturBakuTidak baku
* = bisa Ya atau Tidak

Nah, demikianlah penjelasan singkat yang bisa saya sampaikan terkait beberapa perbedaan anekdot dan humor. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kamu, sehingga kamu tidak berkeberatan untuk me-like artikel ini. Salam!

0 Response to "6 Perbedaan Anekdot dan Humor yang Harus Kamu Tahu!"