Dan Perbedaan

8 Perbedaan Mentega dan Margarin yang Ibu Harus Tahu

Memang tak dapat dipungkiri jika di antara kita masih banyak yang gamang dan menganggap bahwa mentega dan margarin adalah 2 bahan pangan yang sama. Ya, anggapan ini tak lain adalah karena keduanya memiliki tekstur, warna, rasa, dan aroma yang hampir sama. Padahal jika ditelisik dan diidentifikasi lebih dalam keduanya ternyata memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan mentega dan margarin tersebut? Untuk tahu jawabannya, simaklah uraian berikut ini!

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan antara mentega dan margarin terletak pada banyak hal. Baik margarin maupun mentega, keduanya dibuat dari bahan yang berbeda. Karena perbedaan bahan pembuatan inilah maka kandungan, tekstur, warna, cara penyimpanan, rasa, aroma, dan spesifikasi penggunaan keduanya juga berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat kita lihat pada tabel berikut.
Perbedaan Margarin Mentega
Bahan Pembuatan Lemak Nabati Lemak Hewani
Kandungan Lemak tak jenuh Lemak jenuh
Tekstur Padat Lembek
Warna Kuning pucat Kuning cerah
Aroma Asam Asin
Rasa Aroma sedap Aroma susu
Cara Penyimpanan Dapat disimpan lama Tidak dapat disimpan lama
Penggunaan Untuk menumis Untuk membuat kue atau roti

1. Bahan Pembuatan

Perbedaan mentega dan margarin yang pertama terletak pada asal bahan pembuatannya. Margarin diproduksi dari lemak nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan) seperti dari minyak kelapa sawit, minyak jagung dan lain sebagainya. Sementara mentega diproduksi dari lemak hewani (lemak yang berasal dari hewan) seperti lemak krim susu dan minyak ikan.

2. Perbedaan Kandungan

Karena dibuat dari asal bahan yang berbeda, mentega dan margarin juga memiliki kandungan yang berbeda. Margarin mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan mentega mengandung kalori dan lemak jenuh tinggi sehingga tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak, terutama oleh mereka yang punya masalah dengan kadar kolesterol di dalam darah.
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

3. Perbedaan Tekstur dan Warna

Membedakan mentega dan margarin juga dapat dilakukan dengan merasakan teksturnya. Tekstur mentega umumnya lebih lembek sedangkan tekstur margarin kebanyakan lebih padat.

Selain dari teksturnya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui dari penampilan warna keduanya. Warna margarin umumnya lebih pucat, sementara warna mentega lazimnya cenderung lebih cerah (kuning cerah).

4. Perbedaan Cara Penyimpanan

Margarin umumnya tahan disimpan lama di udara terbuka karena tidak mudah meleleh. Sementara mentega jika disimpan di udara terbuka dalam waktu yang lama akan mengalami degradasi mutu. Perubahan warna, tekstur yang semakin lembek, serta aroma tengik akan timbul akibat reaksi oksidasi senyawa mentega dengan udara bebas.

5. Perbedaan Rasa dan Aroma

Rasa dan aroma antara mentega dan margarin juga berbeda. Rasa mentega cenderung lebih asin sementara rasa margarin cenderung lebih asam. Perbedaan rasa keduanya terjadi akibat kandungan kimia bahan asal pembuatannya.

Dengan mencium aroma kedunaya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui. Aroma mentega umumnya lebih sedap, sedangkan aroma margarin cenderung terasa seperti aroma susu. Untuk membedakan aroma keduanya, kita perlu memanaskan mereka di atas wajan sehingga sebagian senyawanya terurai ke udara.

6. Perbedaan Penggunaan

Karena spesifikasi asal bahan pembuatannya berbeda, maka mentega dan margarin juga memiliki penggunaan yang berbeda. Mentega lebih cocok digunakan sebagai kue seperti cake dan beberapa jenis kua basah lainnya sedangkan margarin lebih cocok digunakan untuk menumis atau menggoreng makanan. Kendati demikian, untuk membuat kue dengan tekstur yang baik, kombinasi keduanya juga diperlukan dengan komposisi yang berimbang.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara margarin dan mentega yang Anda wajib tahu. Mulai sekarang, saya harap Anda tidak salah lagi saat memilih kedua bahan tersebut untuk keperluan memasak Anda. Jika banyak teman Anda yang belum tahu, silakan share artikel ini melalui tombol share Facebook di bawah ini. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Response to "8 Perbedaan Mentega dan Margarin yang Ibu Harus Tahu"