Dan Perbedaan

6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Tak Banyak Orang Tahu

Perkembangan teknologi komputerisasi yang sangat cepat akhir-akhir ini, secara tidak sadar telah melahirkan berbagai produk baru yang begitu canggih. Jika di awal tahun 2000-an kita hanya mengenal komputer meja (PC Desktop), hari ini kita telah melihat beragam sistem komputerisasi dalam bentuk yang lebih minimalis, misalnya saja laptop dan notebook.

Laptop dan notebook adalah barang yang sama-sama menerapkan sistem komputer. Berbeda dengan PC desktop, kedua barang ini juga merupakan perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana. Akan tetapi, secara fisik dan spesifikasi keduanya ternyata memiliki beberapa perbedaan mencolok. Bagi yang sudah akrab dengan perkembangan teknologi, perbedaan laptop dan notebook tentu sudah sangat jelas. Namun, bagi mereka yang awam mungkin akan sulit mendefinisikan perbedaan keduanya.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Nah, bagi Anda yang kebetulan adalah orang yang awam teknologi, mungkin uraian di bawah ini akan membantu Anda dalam memahami apa saja perbedaan antara laptop dan notebook tersebut.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Laptop dan notebook memiliki beberapa perbedaan, baik dari ukuran, kelengkapan, maupun dari sisi spesifikasi perangkat di dalamnya. Perbedaan laptop dan notebook dapat diuraikan seperti pada tabel berikut ini.

1. Perbedaan Ukuran Layar

Perbedaan laptop dan notebook bisa langsung kita identifikasi dari ukurannya. Laptop memiliki dimensi atau ukuran yang lebih besar, di mana biasanya mereka memiliki diagonal layar lebih dari 18 inch. Sementara notebook umumnya mempunyai dimensi yang lebih kecil, kisaran panjang diagonal layarnya adalah antara 13 – 18 inch.

Selain dari lebar diagonal layar, berat (massa) notebook dan laptop juga. Laptop umumnya memiliki berat antara 3-5 kg sementara notebook memiliki berat yang lebih ringan, yakni sekitar 1-2 kg.
Perbedaan Mentega dan Margarin

2. Perbedaan Spesifikasi Grafis Layar

Ukuran diagonal layar yang berbeda membuat perbedaan antara laptop dan notebook juga muncul dari segi spesifikasi perangkat grafis yang mendukung visualisasi tampilan di layarnya. Perangkat tersebut familiar disebut dengan nama VGA. Laptop umumnya memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih besar untuk mendukung performa tampilannya, sedangkan notebook umumnya memiliki VGA yang lebih kecil. Kendati demikian, beberapa produsen kini juga membuat notebook dengan VGA yang besar meskipun memang biasanya cendeng lebih cepat rusak.

3. Perbedaan Ukuran RAM

Bukan hanya dari VGA -nya, perbedaan laptop dan notebook juga terletak pada ukuran RAM-nya. RAM atau Random Acces Memory adalah perangkat pengatur penyimpanan data sementara yang sangat menunjang kinerja sistem komputer. RAM laptop umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan RAM Notebook. Kendati demikian, sama seperti VGA, perkembangan teknologi yang terus melesat kini telah membuat beberapa produsen menciptakan notebook dengan spesifikasi RAM yang lebih besar.

Perbedaan Laptop dan Notebook

4. Keberadaan DVD ROM

Nah, perbedaan laptop dan notebook juga terletak pada keberadaan DVD ROM atau perangkat yang digunakan untuk memutar kepingan kaset CD atau DVD. Laptop memiliki perangkat ini sementara notebook tidak.

Tipisnya dimensi notebook pemasangan perangkat ini menjadi tidak memungkinkan. Akan tetapi, saat ini masalah tersebut bisa diatasi dengan kehadiran DVD-ROM eksternal. Pengguna notebook tak perlu khawatir lagi karena kaset dapat diputar di perangkat ini sementara datanya bisa ditransfer secara visual ke layar.
Perbedaan Syiah dan Sunni

5. Perbedaan Daya Tahan Baterai

Baterai merupakan komponen penting yang mensuplai energi listrik untuk kerja laptop dan notebook. Setiap baterai memiliki kapasitas penyimpanan energi listrik yang berbeda-beda. Akan tetapi, kemampuan penyimpanan energi dan daya tahan baterai sangat dipengaruhi oleh seberapa besar aliran daya yang digunakan oleh perangkatnya. Pada laptop, daya tahan baterai umumnya lebih rendah dibandingkan dengan daya tahan baterai notebook.

Nah, itulah beberapa perbedaan laptop dan notebook baik dari segi fisik maupun dari segi spesifikasinya. Laptop cenderung dipilih oleh mereka yang punya mobilitas tinggi dan memiliki kebutuhan spesifikasi komponen komputer yang juga tinggi. Sementara notebook cenderung dipilih oleh mereka yang butuh sistem komputer tapi dengan spesifikasi standar. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan. Semua pilihan tergantung Anda. Mau pilih laptop atau pilih notebook.

0 Response to "6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Tak Banyak Orang Tahu"