Dan Perbedaan

10 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik dan Perilakunya

Salah satu burung hias yang kini sedang nge-trend di kalangan pencinta burung Indonesia adalah burung lovebird alias burung cinta. Burung berukuran kecil ini dipilih karena selain suaranya yang lucu, ia juga memiliki bulu dengan warna yang indah. Sama seperti jenis burung hias lainnya, burung lovebird jantan dan betina juga diketahui memiliki beberapa perbedaan dilihat dari segi fisiknya maupun dari perilakunya saat birahi. Apa saja perbedaan lovebird jantan dan betina tersebut? Berikut ini kami akan bahas informasinya secara lengkap untuk Anda.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Secara sederhana, perbedaan lovebird jantan dan betina dapat kita ketahui dengan memperhatikan beberapa kenampakan fisik padanya, baik dari bentuk kepala, paruh, ukuran tubuh, bentuk ekor, supit urang, bentuk tubuh, ngekek, perilaku sehari-hari, perilaku saat birahi, maupun jarak kaki ketika mereka bertengger.

Perbedaan-perbedaan tersebut telah kami sajikan dalam bentuk tabel berikut.
Perbedaan Lovebird Jantan Lovebird Betina
Bentuk kepala Lebih kecil dan bulat rata Lebih besar menjorok ke atas
Bentuk paruh Kecil dan kering Besar dan basah
Ukuran tubuh Kecil Besar
Bentuk ekor Berbentuk V Berbentuk U
Supit urang Rapat, keras, dan lebih dekat dengan ekor Rapat, lebar, dan dekat tulang dada
Waktu bertengger Jarak kaki rapat Jarak kaki melebar
Bentuk tubuh Enteng ramping Bulat berisi
Saat birahi Mengangguk-angguk Membuka sayap
Ngekek Lebih pendek Panjang
Perilaku Gesit dan agresif Tenang

1. Perbedaan Bentuk Kepala

Perbedaan pertama antara lovebird jantan dan lovebird betina dapat kita lihat dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala lovebird jantan umumnya lebih kecil dan papak di bagian atasnya, sementara bentuk kepala lovebird betina umumnya lebih besar dan menjorok ke atas. Perbedaan kepala lovebird jantan dan betina bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik

2. Perbedaan Paruh dan Ekor

Perbedaan lovebird jantan dan betina juga bisa kita lihat dari paruh dan ekornya. Paruh burung lovebird jantan berukuran kecil dengan tekstur yang kering. Sementara bulu ekornya lancip membentuk huruf V. Sedangkan, paruh lovebird betina umumnya berukuran besar dan teksturnya basah. Sementara bulu ekornya lebih rata dan membentuk huruf U.
Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

3. Perbedaan Ukuran dan Bentuk Tubuh

Ukuran dan bentuk tubuh antara lovebird jantan dan lovebird betina juga berbeda. Lovebird jantan memiliki tubuh yang kecil dan jika dipegang terasa enteng dan ramping. Sedangkan lovebird betina sebaliknya, mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dengan bentuk bulat berisi.

4. Perbedaan Perilaku Sehari-hari, saat Bertengger, dan saat Birahi

Dari perilaku sehari-hari, saat bertengger, maupun saat birahi, perbedaan lovebird jantan dan betina juga akan terlihat jelas. Saat bertengger, jantan lovebird akan berjarak rapat sementara betinanya cenderung lebih lebar. Saat sehari-hari, jantan akan lebih tampak gesit dan agresif, sementara betinanya tampak tenang. Sedangkan perilaku lovebird jantan saat birahi adalah sering mengangguk-anggukan kepalanya seperti sedang meloloh sesuatu, sementara lovebird betina yang birahi akan sering membuka dan mengepakan sayapnya.

5. Perbedaan Ngekek

Perbedaan lovebird jantan dan betina yang terakhir terletak pada suara ngekeknya. Lovebird jantan biasanya justru memiliki ngekek yang lebih pendek dibandingkan ngekek betinanya. Kendati demikian, ciri ini tidak begitu dapat menjadi patokan, terutama bagi yang masih pemula dalam hobi burung.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina dari segi fisik maupun dari perilakunya. Semoga dengan memahami ciri-ciri dan spesifikasi dari jenis kelamin burung ini, Anda tidak lagi salah memilih saat membeli burung yang akan dipelihara. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik dan Perilakunya"