Dan Perbedaan

8 Perbedaan LCD dan LED dalam Teknologi Layar TV

Perkembangan teknologi pertelevisian dewasa ini menjadi semakin pesat. Di saat kecil, kita mungkin hanya mengenal tv bentuk tabung dengan gambar tampilan hitam putih. Namun, sekarang kita sudah mengenal tv dengan teknologi plasma, LCD, LED, CRT, dan lain sebagainya dengan tampilan berwarna. Nah, di antara beberapa jenis teknologi tv tersebut, jenis tv yang paling sering dianggap sama oleh sebagian kita adalah LCD dan LED. Kedua jenis tv ini sering dianggap sama karena dari segi ejaan keduanya memang hampir mirip. Kendati begitu, antara tv atau monitor LCD dan LED sebetulnya memiliki banyak perbedaan. Apa saja perbedaan LCD dan LED tersebut? Simak pembahasannya berikut ini!

Perbedaan LCD dan LED

Perbedaan LCD dan LED memang perlu diketahui, terlebih bagi Anda yang berencana untuk membeli TV atau monitor baru. Pengetahuan tersebut penting agar kita bisa mengenali kekurangan dan kelebihan jenis tv masing-masing dan tidak dapat dikibuli atau tertipu oleh para pedagang nakal.

Perbedaan LCD dan LED

Secara umum, perbedaan LCD dan LED terletak pada beberapa hal di antaranya dari segi kepanjangannya, cara kerja, material fisik penyusun, kualitas, daya yang digunakan, keawetan, serta dari harganya.

1. Perbedaan Kepanjangan

Perbedaan LCD dan LED jelas terlihat dari kepanjangan keduanya. LCD merupakan singkatan dari Liquid Cristal Display, sementara LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Kedua singkatan tersebut menjelaskan secara ringkas tentang bagaimana cara kerja kedua jenis teknologi display ini.

2. Perbedaan Cara Kerja

Untuk dapat menampilkan gambar, baik tv LCD maupun LED menggunakan teknik back light atau penyinaran dari belakang layar. Pada tv LCD, penyinaran pada layar kristal dilakukan oleh lampu neon atau Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL), sementara pada tv LED penyinaran dilakukan dengan lampu Light Emiting Diode.

Karena menggunakan jenis penyinaran yang berbeda, maka konsumsi daya yang digunakan juga berbeda. TV LED umumnya lebih hemat energi dibandingkan TV LCD. Perumpamaannya, jika TV LCD menggunakan daya 100 watt, maka tv LED hanya menghabiskan sekitar 30 sd 50 watt. Selain itu, lampu layar atau back light yang digunakan LED juga cenderung jauh lebih awet.

3. Material Fisik Penyusunnya

Warna yang terdapat pada layar tv LCD dapat terlihat karena adanya backlight warna putih yang memendarkan panel kristal LCD, sementara warna yang terlihat pada layar tv LED tidak membutuhkan backlight karena panel krital LED menghasilkan warna sendiri. Oleh karena hal ini, tv LED umumnya dapat dibuat dengan layar yang lebih tipis dibandingkan layar LCD.
Baca Juga : Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

4. Perbedaan Kontras

Kontras antara layar tv LCD dan LED juga berbeda. TV LED umumnya cenderung lebih kontras atau tajam warnanya dibandingkan tv LCD. Perbedaan LCD dan LED ini lebih-lebih dapat diidentifikasi secara jika keduanya dijejerkan berdampingan. Perbedaan kontras sangat jelas terlihat terutama pada bias yang menampilkan warna putih dan warna cerah.

5. Perbedaan Harga

Dengan perbedaan keunggulan antara LCD dan LED tentunya dapat kita simpulkan bahwa antar kedua perangkat dengan teknologi tersebut juga memiliki harga jual yang berbeda. Keunggulan yang dimiliki LED membuat monitor maupun tv yang menggunakan teknologi ini juga mempunyai harga yang cenderung lebih mahal.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan LCD dan LED yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan jenis teknologi layar mana yang akan Anda pilih saat akan membeli tv atau monitor baru. Sebagai saran, saya cenderung menganjurkan Anda untuk memilih tv LED saja. Meski harganya relatif lebih mahal, namun keunggulan-keunggulan yang dimilikinya pasti akan sebanding dengan pengorbanan yang Anda keluarkan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Perbedaan LCD dan LED dalam Teknologi Layar TV"