Dan Perbedaan

3 Perbedaan Tanah dan Lahan beserta Pengertiannya

Ada banyak kesalahan yang terjadi dalam tata bahasa yang sering digunakan masyarakat kita. Kesalahan-kesalahan tersebut telah berlangsung sejak lama dan berlaku terus menerus hingga kini dianggap sebagai suatu hal yang wajar. Salah satu bentuk kesalahan tersebut misalnya dalam menyebutkan tanah dan lahan. Sebutan tanah dan lahan sering kali digunakan dalam penempatan yang keliru. Tak jarang keduanya bahkan dianggap sama. Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas kesalahan tersebut dengan menjelaskan perbedaan tanah dan lahan. Silakan disimak!

Perbedaan Tanah dan Lahan

Secara umum, perbedaan tanah dan lahan memang sulit diidentifikasi jika kita tidak teliti dan berpikir jernih melihat keduanya. Adapun, tanah dan lahan sebetulnya memiliki perbedaan pada pengertian, dimensi, serta unsur-unsur penyusunnya.

Perbedaan Tanah dan Lahan

1. Perbedaan Pengertian

Perbedaan tanah dan lahan yang pertama bisa kita lihat dari pengertiannya. Pengertian tanah adalah hasil pelapukan batuan dan bahan organik di permukaan bumi akibat pengaruh berbagai faktor lingkungan yang berlangsung dalam waktu lama. Tanah menjadi tempat hidup berbagai organisme tanah. Sementara pengertian lahan adalah lingkungan fisik yang terdiri atas tanah, air, vegetasi, iklim dan benda-benda lainnya yang berada di suatu lahan.

Dari kedua pengertian di atas, kita dapat mengetahui beberapa perbedaan tanah dan lahan yang paling mendasar. Tanah dianggap sebagai benda fisik yang dapat dipegang dan berwujud nyata. Tanah merupakan bagian tersendiri dari suatu luasan lahan. Tanah termasuk unsur dari lahan. Sementara itu, lahan memiliki cakupan yang lebih luas, di dalamnya terdapat beragam unsur yang menyusunnya termasuk di antaranya adalah tanah.
Baca Juga : Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu

2. Perbedaan Dimensi

Dari pengertian di atas, kita dapat mengetahui bahwa perbedaan tanah dan lahan juga terletak pada dimensi keduanya. Tanah dapat kita asumsikan sebagai suatu benda 3 dimensi yang dapat kita ukur volumenya. Sementara lahan dapat kita asumsikan dari perspektif 2 dimensi yang dapat kita ukur luasnya.

Nah, dari sudut pandang atau perspektif dimensinya ini, kita dapat menyimpulkan bahwa ketika kita menyebutkan lahan, maka perspektifnya harus 2 dimensi, artinya kita harus mengatakan luas lahan bukan luas tanah.

Kesalahan ini sering terjadi dalam surat menyurat jual beli lahan. Hingga kini masih kita temukan penulisan jual beli tanah seluas X meter persegi. Padahal seharusnya adalah jual beli lahan seluas X meter persegi.

Perbedaan Tanah dan Lahan

3. Perbedaan Unsur

Unsur-unsur penyusun tanah cenderung lebih simpel. Tanah tersusun atas bahan organik (5%), bahan mineral (45%), air (25%), dan udara (25%). Sementara lahan tersusun atas unsur-unsur yang lebih kompleks, selain unsur tanah, lahan juga mencakup unsur iklim dan cuaca (kondisi atmosfer) yang masih dalam luasan sama. Beberapa unsur lahan di antaranya tanah, suhu udara, intensitas cahaya, kelembaban udara, dan lain sebagainya.

Nah, dari pemaparan di atas, tentu kita sudah dapat memperoleh gambaran tentang apa saja perbedaan tanah dan lahan. Semoga setelah memahami artikel ini kita tak akan salah lagi memaknai apa itu tanah dan apa itu lahan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Perbedaan Tanah dan Lahan beserta Pengertiannya"