Dan Perbedaan

Inilah 6 Perbedaan CV dan Resume, Gak Sama Lho!

Saat hendak melamar kerja, sering kali kita diharuskan untuk mengajukan beberapa berkas yang menjadi syarat pendaftaran. Selain ijazah dan pas foto terbaru, cv atau curiculum vitae juga kerap menjadi berkas yang tak boleh ketinggalan. Kendati begitu, kadang kali ada pula perusahaan yang mengendaki resume diri sebagai pengganti cv.

Memangnya cv dan resume itu berbeda? Nah, bagi kamu yang belum tahu, CV memang bukan bentuk lain dari resume. Meskipun cv dan resume memiliki persamaan, namun keduanya ternyata juga memiliki beberapa perbedaan mendasar. Di artikel ini akan dibahas apa saja perbedaan antara cv dan resume tersebut, khusus untuk kamu yang ingin mengetahuinya!

Perbedaan CV dan Resume

Sebelum membahas tentang apa saja perbedaan CV dan resume, terlebih dahulu kita bahas persamaan keduanya. Ya, sederhana! Persamaan antara CV dan resume terletak pada beberapa unsur di dalamnya. Saat membuat keduanya, kita sama-sama harus menuliskan tentang informasi diri seperti nama, email, no. HP dan alamat, serta riwayat pendidikan, keahlian dan pengalaman kita lainnya.

Perbedaan CV dan Resume Sampai di sini cukup jelas ya! Selanjutnya, berkaitan dengan perbedaan.

CV atau Curriculum Vitae dapat didefinisikan sebagai suatu dokumen yang menjelaskan dengan rinci tentang pengalaman kerja dan deskripsinya, hingga pencapaian dalam profesi maupun dibidang akademik. CV ditulis dengan format kronologis atau bersatuan waktu. Oleh karena ditulis secara rinci, maka CV biasanya tidak mengenal batas maksimal halaman. Kamu bisa membuatnya berapa lembarpun sesuai dengan perjalanan hidupmu.
Baca Juga : Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi
Adapun resume sebetulnya adalah CV dalam format yang lebih singkat. Dokumen ini merangkum berbagai hal, mulai dari pengalaman profesional dan pencapaianmu dibidang pekerjaan yang pernah kamu geluti, hingga informasi seputar tujuan kariermu. Resume lebih fleksibel dibandingkan CV karena pada setiap bagiannya bisa kita atur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu. Selain itu, penulisannya juga tidak harus berformat kronologis sehingga resume dapat diubah sesuai kebutuhan lowongan kerja yang sedang dilamar.

Nah, dari deskripsi CV dan resume di atas, kita telah menemukan beberapa perbedaan mendasar dari keduanya. Supaya lebih mudah dipahami, berikut telah saya rangkum perbedaan CV dan resume tersebut dalam bentuk tabel beserta penjelasan lain yang mungkin dibutuhkan.
PerbedaanCVResume
Untuk tujuan apaUntuk lamaran kerja atau persyaratan akademik.Untuk lamaran kerja saja.
KontenRiwayat akademik lengkap termasuk pengajaran, publikasi, penelitian, dan penghargaan, serta riwayat pekerjaan.Menunjukkan keahlian dan pengalaman yang relevan untuk menunjukkan kesesuaian diri pada posisi yang dilamar.
PanjangJumlah sesuai kebutuhanSatu atau dua halaman saja
FormatKronologisFleksibel
Fokus
Setiap prestasi dari pendidikan dan pekerjaan.Keterampilan dan prestasi pada pekerjaan sebelumnya.
NegaraInggris, Irlandia, Eropa, dan Selandia Baru.Amerika Serikat dan Kanada
Dari tabel perbedaan CV dan resume di atas, dapat kita kesimpulan bahwa CV lebih menekankan pada riwayat hidup lengkap si pembuatnya, sementara resume lebih menekankan kesesuaian pengalaman dan keterampilan kerja dengan posisi jabatan yang dilamar.

Nah, itulah penjelasan sederhana tentang apa saja perbedaan CV dan resume diri. Semoga penjelasan ini bisa dipahami dengan baik, sehingga kamu tidak akan salah lagi dalam membuat dan menyusun berkas persyaratan lamaran kerjamu. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Inilah 6 Perbedaan CV dan Resume, Gak Sama Lho!"