Dan Perbedaan

Perbedaan Tema, Topik, dan Judul beserta Pengertian dan Contohnya

Saat hendak membuat sebuah karangan atau ingin mengadakan sebuah acara, kita akan selalu berhadapan dengan pemilihan tema, topik, dan judul. Tema, topik, dan judul merupakan satu kesatuan yang menentukan seperti apa tulisan yang akan dibuat ataupun acara yang akan diselenggarakan nantinya.

Karena merupakan satu kesatuan, kadang kali banyak di antara kita yang sulit membedakan ketiganya. Nah, di artikel kali ini kita akan mengulas perbedaan antara tema, topik, dan judul tersebut agar kamu yang belum tahu, bisa mengerti dan tak akan salah lagi dalam mengartikannya.


Perbedaan Tema, Topik, dan Judul

Untuk mengetahui seperti apa perbedaan tema, topik, dan judul, kita dapat mencari deskripsi dari ketiga istilah ini. Saya telah merangkum deskripsinya langsung dari Kamus Besar Bahasa Indonesia selaku rujukan utama kita dalam mencari arti dari sebuah kata.

Perbedaan Tema, Topik, dan Judul

1. Tema

Kata tema berasal dari bahasa Yunani, yaitu "tithenai" yang berarti sesuatu yang telah diuraikan. Adapun dalam KBBI disebutkan bahwa tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita yang digunakan dalam percakapan, karangan, dan lain sebagainya.

Dari kedua pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tema adalah suatu pokok pikiran yang bersifat umum dan luas, sehingga ia perlu diuraikan lagi. Sifat umum dan luas yang dimiliki tema harus diuraikan kembali dan dipersempit menjadi topik.

2. Topik

Kata topik berasal dari bahasa Yunani, yaitu "topoi" yang berarti inti utama. Adapun dalam KBBI disebutkan bahwa topik adalah pokok pembicaraan dalam ceramah, diskusi, karangan, dan lain sebagainya.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa topik adalah inti utama atau pokok pembahasan yang mencakup keseluruhan pembicaraan, gelaran acara, atau isi tulisan. Karena dikatakan sebagai inti utama, maka sudah barang tentu topik memiliki cakupan yang lebih sempit dibanding tema. Namun, ia dapat dipersempit lagi ke dalam berbagai judul yang berbeda.
Baca Juga : Perbedaan Anekdot dan Humor

3. Judul

Menurut KBBI, judul didefinisikan sebagai suatu nama yang digunakan untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara ringkas, isi atau maksud buku atau bab itu. Bukan hanya itu, judul juga bisa digunakan untuk menyiratkan isi suatu acara, buku, krangan, drama, dan lain sebagainya. Istilah judul juga kerap disandingkan dengan tajuk.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa judul adalah cerminan sekaligus batasan tentang suatu masalah yang diangkat dalam sebuah acara atau tulisan. Ia berada paling awal pada sebuah karangan sehingga kerap pula disebut dengan istilah kepala karangan. Hal yang sama juga berlaku pada judul sebuah acara.

Sampai disini, apakah kamu sudah mulai memahami seperti apa perbedaan tema, topik, dan judul? Jika belum, resapi dengan seksama contoh di bawah ini!

Tema : Kebersihan Lingkungan (cakupan lebih luas dari topik)
Topik   : Kebersihan Sekolah (cakupan lebih luas dari judul)
Judul   : Membudayakan “Tertib Piket“ untuk  Kebersihan Sekolah (cakupan sempit)

Dari contoh di atas, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa perbedaan tema, topik, dan judul terletak pada cakupannya. Tema memiliki cakupan yang paling luas karena bersifat umum. Topik dihasilkan dari pemilihan beberapa variabel yang terdapat dalam tema. Sementara judul dihasilkan dari penguraian topik dan penggunaan batasan dari masalah yang akan dibahas.

Nah, semoga penjelasan mengenai perbedaan tema, topik, dan judul ini tidak membuat kamu semakin pusing. Karena, kalau kamu semakin pusing, pasti saya akan sangat berduka. Coba resapi contoh di atas jika kamu belum memahami dan pastikan kamu bisa benar-benar membedakan mana tema, mana topik, dan mana judul.

0 Response to "Perbedaan Tema, Topik, dan Judul beserta Pengertian dan Contohnya"